Bapak Ibu Guru, Berikut Tips Belajar Daring Efektif dan Menyenangkan

Saat pandemi, guru mengajar secara online atau sering kita sebut dengan istilah daring (dalam jaringan). Banyak guru mengalami kendala dalam menjalankannya, seperti alat, kuota, hingga jaringan. Namun, ada 7 tips nih dari seorang guru sekolah dasar di Jambi yang perlu dicoba bapak ibu guru yang lain.

Pengalaman dari Ibu Dewi Sutria, guru SDN 47/IV Kota Jambi ini patut kita tiru. Apa yang dilakukannya membuat pembelajaran daring semakin efektif dan menyenangkan. Berikut 7 tipsnya, catat ya!

1. Menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak

Guru mengajar serba online selama pandemi, baik daring maupun luring. Semua membutuhkan ketelitian, persiapan, dan tentu saja kesabaran. Dengan adanya teknologi membantu kita dalam menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembelajaran daring.

“Ya itu tadi, persiapan harus dipersiapkan sebaik-baiknya, persiapkan segala sesuatunya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anak,” kata Dewi Sutria.

2. Pilihlah aplikasi yang mudah untuk diakses di manapun dan kapanpun

Mengajar di masa pandemi tidak perlu dibuat pusing, namun guru juga harus memikirkan aplikasi apa yang akan digunakan agar memudahkannya ketika mengajar siswa-siswinya.  Nah, banyak kok aplikasi mudah yang bisa digunakan, misalnya zoom yang sudah sangat familiar. 

Zoom sangat mudah digunakan, tinggal buat link nya lalu bagikan ke siswa, gratis lagi,” katanya. Selain zoom, guru juga bisa menggunakan WhatsApp untuk belajar daring. 

3. Sapalah anak dengan yel-yel. Guna menumbuhkan semangat siswa untuk memulai dan mengikuti pembelajaran secara virtual

Siswa tetaplah anak-anak yang butuh perhatian, bimbingan, dan juga memberikan semangat. Terlebih belajar di masa pandemi seperti ini. Mereka harus dibangkitkan semangatnya.

“Anak-anak butuh yel-yel semangat dari guru, seperti tepuk tangan, permainan kata, maupun lainnya,” ujar Iswadi, fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation.

Keberhasilan guru dalam memberikan semangat siswa akan berdampak positif bagi belajar daring. Cobain deh!.

 

sumber: https://www.idntimes.com/life/education/ahmad-syaiful-bahri/tips-belajar-daring-efektif-dan-menyenangkan-c1c2-1/4