Tips Belajar Makin Pintar di Rumah

Jakarta:Pandemi Covid-19 tak hanya mengubah cara berinteraksi, tetapi juga cara kita beraktivitas. Pendidikan merupakan salah satu sektor terdampak yang paling krusial. Tak lagi bisa belajar mengajar dengan tatap muka langsung, kini para siswa dan guru harus melanjutkan kegiatan belajar mengajar dari rumah.

Kegiatan belajar jarak jauh atau School From Home (SFH) diperkuat dengan kebijakan Kemendikbud lewat Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Surat Edaran Nomor 15 ini untuk memperkuat Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid-19.

Tantangan baru pun muncul, banyak hal yang harus dihadapi saat guru memberikan materi ajar secara virtual. Begitu juga dengan siswa yang harus mendapatkan ilmu, mengerjakan, dan menyelesaikan tugas lalu mengumpulkannya secara online.

Belum lagi, siswa juga harus memastikan kualitas belajar sama bagusnya dengan apa yang didapatkan saat masuk sekolah. Berikut tips agar belajar tetap efektif, cerdas, dan efisien:
 
1. Gunakan waktu secara tepat
Belajar di rumah membuat waktu belajar jadi lebih fleksibel. Satu hal yang paling penting adalah menentukan waktu belajar paling baik agar siswa bisa fokus dalam mempelajari dan memahami materi. Setiap orang memiliki waktu fokus yang berbeda-beda, ada yang punya daya konsentrasi dan fokus paling baik saat malam hari. Yang penting, jangan lupa untuk istirahat dan punya waktu tidur yang cukup.
 
2. Atur waktu dengan efisien
Dengan jam belajar di rumah yang bisa lebih fleksibel, siswa selayaknya bisa mengatur jadwal jenis pelajaran yang akan didalami, dan pelan-pelan mengelola jenis prioritas pembelajaran. Sebagai contoh, ada tugas yang harus dikumpulkan dalam empat hari ke depan, siswa bisa menjadwalkan kapan ia mengerjakan tugas tersebut.
 
Bisa langsung menyelesaikannya sekaligus atau mengerjakannya perlahan-lahan. Di Samsung Galaxy Tab A7, siswa bisa memanfaatkan fitur Calendar untuk menyimpan rencana mengerjakan atau jadwal mengumpulkan tugas.
 
3. Fokuslah
Belajar di rumah bisa mengalami gangguan sehingga tak fokus, misalnya godaan untuk meng-update media sosial, main game, dan sebagainya. Orang tua bisa mengaktifkan fitur focus mode di Tab A7 sehingga tablet hanya bisa mengakses fitur-fitur yang dipakai untuk belajar, seperti aplikasi video conference, Google Classroom, dan sebagainya. Sementara aplikasi yang tak relevan akan silent, bahkan tak bisa mengirimkan notifikasi.

 

sumber: https://www.medcom.id/teknologi/news-teknologi/0k8R0e0N-tips-belajar-makin-pintar-di-rumah